oleh

Antisipasi Dampak Abu Vulkanik Merapi, Pemkot Magelang Gelar Penyemprotan di Area Publik

-Daerah, Sosial-473 Dilihat

Antisipasi Dampak Abu Vulkanik Merapi, Pemkot Magelang Gelar Penyemprotan di Area Publik 1MAGELANG, kabarSBI.com – Pemerintah Kota Magelang menggelar penyemprotan di sejumlah area publik. Penyemprotan ini dilakukan untuk mengantisipasi sebaran abu vulkanik dampak erupsi Merapi yang terjadi hari Sabtu (11/3/2023).
“Langkah yang pertama, Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, UPT Damkar dan PDAM akan melakukan penyemprotan di beberapa area public space, baik itu taman maupun ruas-ruas jalan di Kota Magelang. Penyemprotan dimulai dari Alun-alun dan sekitarnya pada malam ini. Besoknya akan dilanjutkan di area yang lain,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Kota Magelang Larsita usai rapat koordinasi penanggulangan dampak erupsi Merapi, Sabtu (11/3/2023).
Larsita mengatakan, penyemprotan akan melibatkan Satpol PP Kota Magelang, Dinas Perhubungan, relawan PMI dan Tagana.
Selain itu, akan dibagikan masker di beberapa titik di ruas-ruas jalan untuk membantu masyarakat agar terhindar dari gangguan pernapasan.
“Hari ini pula sudah disiapkan distribusi obat-obatan yang terkait dengan iritasi mata maupun masalah pernapasan. Semua obat telah disiapkan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kota Magelang untuk masyarakat Kota Magelang yang membutuhkan,” lanjut Larsita.
Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur yang temui di Rumah Dinas Wakil Walikota mengapresiasi langkah cepat yang diambil jajaran Pemerintah Kota Magelang.
Mansyur juga menghimbau masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak agar tidak bepergian dahulu.
“Kepada warga yang tidak mempunyai kepentingan mendesak, sebaiknya tidak usah bepergian dahulu. Terutama orang tua dan yang kurang sehat, tetap tinggal di rumah untuk menjaga kesehatan jasmani,” pesannya.
Sebagai informasi, bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang bersifat darurat, bisa menghubungi PSC 119 yang akan siap melayani 24 jam. (humas/red)

Kabar Terbaru