oleh

Defisit Anggaran, Pemerintah Kabupaten Ciamis Hutang 250 Miliar di Bank, Ini Penjelasan DPRD

-Daerah-978 Dilihat

Defisit Anggaran, Pemerintah Kabupaten Ciamis Hutang 250 Miliar di Bank, Ini Penjelasan DPRD 1CIAMIS, kabarSBI.com – Pemerintah Kabupaten Ciamis mengalami defisit hingga terpaksa harus minjam uang ke bank Rp 250 miliar. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Ciamis Dede Herli. Ia mengatakan bahwa anggaran Pemerintah Ciamis memang defisit.

“DPRD Ciamis sudah rapat paripurna, jadi solusinya dengan menyetujui pinjaman daerah,” jelasnya.

Menurut Dede, untuk plafon, pinjaman maksimumnya Rp 250 miliar. “Mengenai banknya mau pakai apa diserahkan ke pemerintah daerah,” jelasnya.

Namun demikian, Dede mengakui, untuk defisit APBD-nya lebih besar dari angka pinjaman. “Itu sudah data publik yaitu di angka Rp 277 miliar kalau gak salah. Untuk minjamnya Rp 250 miliar karena angka plafonnya maksimum segitu,” paparnya.

Dede membeberkan, mengenai faktor penyebab defisitnya salah satunya pendapatan yang kurang dari pemerintah pusat.

“Kemudian ada faktor belanja yang di luar prediksi, terutama PPPK yang asal mulanya akan dibayar APBN, ternyata dibayar oleh APBD,” paparnya.

Dede, berharap dengan meminjam bisa menjadi solusi dan menutup kekurangan. “Semoga bisa melakukan penghematan di tahun 2022,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ciamis Asep Dedi Heryadi SE enggan memberikan penjelasan.

“Karena ada ketua TAPD, harus ke Pak Sekda, karena kalau saya cuman teknis,” katanya. (aceng/bono/red)

sumber : insiden24.com

Kabar Terbaru