oleh

Dirlantas Polda Kepri Gelar Sosialisasi Keselamatan Dalam Berkendara

-Daerah, Hukum-515 Dilihat

Dirlantas Polda Kepri Gelar Sosialisasi Keselamatan Dalam Berkendara 1KEPRI, kabarSBI.com – Dit Lantas Polda Kepri menggelar Sosialisasi Keselamatan dalam berkendara, sasaran Sosialisasi kali ini adalah salah satu Perusahaan yang ada di Kota Batam yaitu PT. Snepac di Tanjung Sengkuang, kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari Perusahaan PT. Snepac Group, PT. Hino Indonesia, dan Spectrum LS. Rabu, (15/6/22).

Dirlantas Polda Kepri AKBP Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., menyampaikan dalam Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Pejabat Utama Ditlantas Polda Kepri, Kadishub Provinsi Kepri Junaidi S.E., M.H., beserta pejabat Utama Dishub Provinsi Kepri, Unit Dikyas Polresta Barelang, Dishub Kota Batam dan 30 peserta Sosialisasi.

Dalam kesempatan tersebut Dirlantas Polda Kepri AKBP Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., menjelaskan terkait Safety Driving dan mengatakan Beberapa tempat di Provinsi Kepri sering terjadi kecelakaan menonjol yang melibatkan kendaraan angkutan barang yakni seperti Truk, Tronton, Trailer, Dump Truk dan bahkan Bus.

″Kita mengharapkan operator atau pengemudi Truk harus paham dan terampil, sebelum berkendara agar melakukan pengecekan kelaikan kendaraan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya kendaraan tersebut mengalami gagal fungsi Rem dan Supir harus tau berbuat hal seperti apa dan harus paham teknik-teknik pengereman serta harus patuh terhadap peraturan dan rambu-rambu lalu lintas″. jelas Dirlantas Polda Kepri.

Selain hal tersebut, para pengemudi kendaraan juga harus menjunjung etika atau berperilaku baik dijalan misalnya mengangkut barang yang sekiranya dapat mengganggu kebersihan lingkungan.

“Contohnya mengangkut tanah harus menggunakan penutup seperti terpal″. Jelas Dirlantas Polda Kepri.

Kasi Pengujian Kendaraan Dishub Kota Batam Erbi Jaya, S.T., Juga memberikan materi Penyelenggaraan Pengujian kendaraan bermotor secara berkala untuk menjaga agar kendaraan tersebut tidak terkendala dengan kekurangan-kekurangan teknis yang tidak diketahui atau yang dapat menimbulkan bahaya baik untuk Pengemudi, barang yang diangkut maupun kondisi lingkungan.” tambah Kasi Pengujian Kendaraan Dishub Kota Batam.

Disamping itu diberikan juga himbauan terkait persiapan dan pengoperasian kendaraan truk atau angkutan barang serta teknis bagaimana jika dalam perjalanan menghadapi permasalahan gagal fungsi rem atau rem blong.” Imbau Edison Haposan.(simon/red)

Kabar Terbaru