oleh

Dirut PT AIRIN Rudolf Valintino: Meski Kondisi Covid, Komitmen dan Bisnis Perusahaan Terus Dikembangkan

Dirut PT AIRIN Rudolf Valintino: Meski Kondisi Covid, Komitmen dan Bisnis Perusahaan Terus Dikembangkan 1
Direktur Utama PT AIRIN, Rudolf Valintino. (dok/ist)

JAKARTA, kabarSBI.com – Masa Pandemi Covid-19 sangat memukul dunia bisnis tanah air, hampir seluruh sektor usaha tekena dampak Covid hingga menjelang akhir tahun 2020 ini belum juga normal. Kondisi ini tentu mengancam bahkan sudah mengakibatkan sejumlah perusahaan berakhir pailit, termasuk pula perusahaan BUMN dan lingkarannya tak luput dari dampak Covid-19.

Dunia usaha sangat mengharapkan pandemi covid ini segera berlalu, meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan restrukturisasi hutang hingga insentif pajak, namun diyakini relaksasi tersebut bersifat sementara tanpa ada penghentian penyebaran virus Corona.

Perusahaan-perusahaan yang hingga kini mampu bertahan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif menjalankan roda usaha ditengah pandemi covid guna memberi andil dalam meningkatkan ekonomi nasional.

Redaksi situs berita ini berhasil mewawancarai salah satu anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara/BUMN yaitu PT Indonesian Air & Marine Supply atau biasa disebut AIRIN. Melalui Direktur Utama (Dirut) PT AIRIN, Rudolf Valintino dalam satu kesempatan, ia menyampaikan kegigihannya, fokus, eksis dan komitmen dalam menahkodai laju perusahaan. Rudolf Valintino menyampaikan berbagai inovasi agar kegiatan perusahaan terus berjalan meski ditengah situasi sulit yang kian melilit hampir seluruh sektor usaha, termasuk usaha barang dan jasa.

Berikut petikan wawancara singkat redaksi kabarSBI kepada Rudolf Valintino, orang nomor satu di jajaran Direksi PT Airin, di Jakarta.

Bagaimana Pak Dirut menjalankan roda usaha ditengah pandemi Covid-19, hingga akhir tahun ini apa dampak bagi perusahaan

Pertama dan menjelang akhir tahun 2020 ini saya selaku pimpinan direksi PT Airin bersama direksi dan  jajaran komisaris tentunya merasa prihatin dengan adanya wabah COVID-19 yang begitu memukul sektor usaha. Namun bagi kami itu adalah bagian dari ujian berusaha ditengah situasi yang tidak normal tetapi semangat kerja kami dan seluruh jajaran direksi dan karyawan PT Airin harus tetap semangat  dan tidak boleh turun, tetap fokus dengan agenda kerja yang telah ditetapkan

Covid ini bagi kami juga memberikan andil dalam kedisiplinan terutama kesehatan. Kami menerapkan protokol kesehatan, seluruh jajaran komisaris, direksi, karyawan dan bagi custemer kami terapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak selain itu kami juga sediakan sarana cuci tangan dengan handsanitizer yang dapat digunakan oleh semua pegawai dan tamu serta pelanggan kami.

Kalau bicara dampak Covid, tentu hampir semua sektor usaha terkena dampak pandemi Covid ini. Otomatis pendapatan perusahan juga menurun, namun begitu kami tidak ingin menyerah dengan keadaan kami harus optimis masa covid ini akan berakhir dan perusahaan harus mampu bertahan dan berkembang.

Dirut PT AIRIN Rudolf Valintino: Meski Kondisi Covid, Komitmen dan Bisnis Perusahaan Terus Dikembangkan 2
Direktur Utama PT AIRIN, Rudolf Valintino dalam satu kesempatan tugas dinasnya. (dok/ist)

Sejauh mana pencapaian target yang telah ditentukan, apakah ada penurunan secara drastis atau seperti apa

Kami harus akui Covid ini berdampak pada pencapaian target kami, namun tidak terlalu drastis penurunananya. Alhamdulillah, analisa pronoksa keuangan hingga 18 Desember 2020 sesuai RKT atau Rencana Kerja Tahunan kami mencapai target 90 persen.

Dan ini masih ada waktu, kami masih mempunyai peluang untuk mendekati pencapaian target 100 persen sesuai dengan RKAP/Rencana Kerja Anggaran Perusahaan yang ditargetkan pemegang saham.

Kami masih bersyukur, dengan fokus dan kerja keras semua pegawai PT Airin hingga sekaran ini tidak sampai ada pengurangan karyawan dan hak – hak karyawan juga tidak ada yang dikurangkan.

Sebagai Dirut PT Airin, Bapak juga dikenal sebagai Wakil Ketua Umum Aptesindo, dan pengurus KADIN, serta pengurus DPP KONI, apa pengaruh positif bagi roda perusahaan PT AIRIN

Dalam dunia usaha tentu penting kita untuk menjalin hubungan dengan pelaku usaha lainnya, hubungan ini pula dapat membuka peluang-peluang kerjasama. Selain itu asosiasi usaha juga dapat memberikan masukan atas kebijakan pemerintah sebelum menjadi aturan atau reguasi yang wajib kita patuhi bersama.

Terkadang dalam hubungan eksternal kami banyak mendapatkan ide, dan motivasi dalam satu organisasi yang kami naungi sehingga dapat kami terapkan pada jajaran direksi dan seluruh pegawai. Alhamdulilah motivasi yang kami terapkan dan komitmen yang terus kami perjuangkan mampu meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan sumber daya manusia yang pada akhirnya kami dapat memberikan deviden kepada pemegang saham perusahaan dan bonus karyawan.

Bagaimana pembagian deviden dan bonus karyawan dibanding tahun-tahun sebelumnya

Jadi pemberian deviden kepada holding kami itu pasti. Setelah melalui proses audit perusahaan kami tetap mengeluarkan kewajiban itu. Termasuk pula bonus pada karyawan perusahaan, meski nilainya tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya tetapi apa yang menjadi kewajiban kami, itu sudah menjadi keharusan sesuai dengan aturan yang ada dalam perusahaan kami.

Baik Pak, motivasi dan inovasi seperti apa yang diterapkan sehingga perusahaan yang bapak pimpin ini terus melaju ditengah situasi seperti ini

Pada jajaran direksi kami selelu memberikan arah dan ketekunan dalam setiap tugas agar selalu disiplin dan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik sesuai bidangnya. Tentunya kami juga mendapat dukungan dari jajaran komisaris dalam berbagai hal dan restu pemegang saham.

Selain itu di jajaran direksi kami terus memberikan motivasi semangat untuk maju dan sukses bersama mitra-mitra kerja kami. Suatu contoh ada mitra kerja kami yang nyaris memutus kontrak akibat kuatnya pengaruh dampak Covid-19

Maka kami memberikan motivasi dengan kebijakan-kebijakan seperti melonggarkan kewajiban sewa tempat konteiner dan pengurangai tarif biaya yang tidak bertentangan dengan prosedur regulasi yang ada.

Dimasa Covid ini yang seharusnya mitra jasa kami mempunyai kewajiban setiap bulan mereka dapat memenuhi kewajibanya perdua bulan, jadi ini sangat membantu mitra kerja kami sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan dan pendapatannya.

Dirut PT AIRIN Rudolf Valintino: Meski Kondisi Covid, Komitmen dan Bisnis Perusahaan Terus Dikembangkan 3
Rudolf Valintino

Dalam mengembangkan bisnis perusahaan apa saja yang dilakukan PT Airin dan bagaimana kedepannya

Diluar bisnis reguler yang ada, kami juga berkomitmen untuk mengembangkan usaha melalui bisnis developmen/pengembang. Suatu contoh kami bersinergi dengan perusahaan Pelindo III Surabaya. Kami bersama PT BMC cucu usaha Pelindo III Surabaya ini sudah mendekati tahap kontrak kerja.

Kami juga sudah berjalan dengan PT Barata Indonesia persero di Gresik. Kemudian  kami sedang proses kerjasama dengan IKI/Industri Kapal Indonesia di Makasar, disana kami bekerjasama dalam memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi galangan kapal.

Selain itu, kami juga mendapat kepercayaan atas kepemilikan 20 hektra lahan PT DKB di pelabuhan Patimban Karawang. Kami diberikan hak pengelolaan 6 hektar atau 6.000 meter persegi untuk penunjang dermaga logistik di pelabuhan Patimban karawang dan ini sudah berjalan sejak 2018.

Untuk menggarap itu kami sudah membuat kajian bisnis dan teknis bersama konsultan dari Universitas Brawijaya dan bersinergi perusahanan logistik lain di pelabuhan patimban Karawang. Kami bersinergi dengan perusahaan operator disana untuk menerapkan langkah strategis demi eksis dan pencapaian bersama.

Adapun peluang bisnis kami lainnya adalah dengan mengoptimalkan jaringan usaha dan izin badan usaha pelabuhan/BUP yang dimiliki PT AIRIN agar lebih meningkat dimasa mendatang dan ini telah terealisasi dengan kerjasama kita bersama PT BMC itu tadi.

Lalu, bagaimana Hubungan PT Airin dengan PT DKB selaku induk usaha seperti apa

Airin sebagai anak dari perusahaan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari atau DKB, kami selalu mensuport dan loyal dalam segala bidang yang menjadi konsen pekerjaan DKB termasuk mendukung regulasi dan kebijakan yang ada di DKB.

PT Airin selalu hadir dan membantu perusahaan induk seperti pembiayaan dalam suatu kegiatan yang tidak bisa dikerjakan DKB, kami kerjakan. Sebagai Dirut Airin, tentunya kami suport DKB selama semua itu  sesuai aturan dan kebijakan Kementerian BUMN.

Terakhir Pak Dirut, apa harapan perusahaan menjelang akhir tahun ini dan tahun 2021 mendatang

Pertama, Saya berharap covid ini segera berakhir namun bila Covid ini masih berlangsung hingga 2021 kami mengantisipasi dengan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Kedua, dalam kondisi yang masih seperti ini kami berharap pemerintah dapat memberi relaksasi seperti tarif dan perpajakan terhadap perusahaan agar dapat di evaluasi dan perusahaan diberikan keringanan secara maksimal. Saya rasa semua perusahaan mempunyai harapan yang sama di situasi seperti ini.

Ketiga, ini penting jangan sampai ada perusahaan BUMN atau anak dan cucu BUMN jangan ada yang seperti di anaktirikan. Apapun kebijakan yang ada harus berlaku sama pada semua perusahaan BUMN.

Dan terakhir, saya berharap dalam penanganan limbah plastik di pelabuhan Tanjung Priok dan pelabuhan lainnya harus mendapat solusi yang terbaik karena keberadaan limbah ini jumlahnya sudah cukup banyak.

Dirut PT AIRIN Rudolf Valintino: Meski Kondisi Covid, Komitmen dan Bisnis Perusahaan Terus Dikembangkan 4
PT. AIRIN berhasil melalui Audit Eksternal tanpa ada temuan Major dan Minor, pada Kamis, 17/12/2020, hal itu dalam rangka AIRIN meraih ISO 45001:2018. Dok/ist

Sekilas tentang PT AIRIN

PT Indonesian Air & Marine Supply /AIRIN adalah suatu perusahaan yang merupakan Anak Perusahaan BUMN PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) dimana PT AIRIN ini didirikan pada tahun 1970 di Pelabuhan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara.

PT AIRIN bergerak pada bidang usaha Utama adalah sebagai depo kontainer atau depo petikemas, Tempat Penimbunan Sementara (TPS) Kepabeanan, lapangan Jasa Umum Non Kepabeanan, Pusat Logistik Berikat (PLB) dan juga melayani kegiatan ekspor dan impor.

Lahan yang digunakan untuk kantor serta lapangan untuk kegiatan usaha kurang lebih 15 Ha di Jalan Cilincing Raya No. 33 Cilincing Jakarta Utara.

AIRIN juga bergerak pada kegiatan usaha Dermaga Kapal yang berlokasi di daerah Kabil Batam Provinsi Kepulauan Riau. Selain itu, AIRIN adalah perusahaan jasa logistic yang juga bergerak di bidang usaha jasa ekspedisi muatan kapal laut/kapal udara – EMKL/EMKU dan pergudangan/warehousing.

Dalam mengembangan usahanya PT. AIRIN bergerak pada tujuan dan misi penting yang membawa perusahaan untuk tetap focus pada upaya kemajuan dan keberhasilan.

AIRIN kini focus mengembangkan diversifikasi bisnis usaha-usaha masa depan secara konsisten termasuk antara lain:

Menjadi terminal operator untuk multi purpose terminal pelabuhan-pelabuhan strategis di daerah berkembang termasuk wilayah Semarang, Surabaya, Banjarmasin dan Batam.

Menjadi Shipping Company/EMKL professional dari hulu ke hilir, dan penyedia perangkat heavy equipment.

Dan, baru – baru ini atau Desember 2020 PT Airin berhasil memperoleh sertifikasi ISO 45001; 2018 setelah melalui audit eksternal yang cukup pajang, 1,5 sampai 2 bulan. ISO tersebut merupakan standar bertaraf internasional yang menetapkan berbagai persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja atau dikenal dengan SMK3. Standar tersebut memungkinkan organisasi untuk aktif meningkatkan kinerja SMK3 untuk mencegah kecelakaan kerja.

Visi dan Misi

Menjadi Perusahaan Unggulan Dalam Jasa Kepelabuhanan dan Jasa Logistik Berstandar Kelas Dunia di Indonesia

Mampu Memberikan Solusi dan Layanan Terbaik Dalam Jasa Kepelabuhanan dan Logistik Bagi Seluruh Pelanggan.

(ADV)

 

Kabar Terbaru