oleh

Dr. Ali Maulana Hakim, Buka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 09 Sunter Agung

Dr. Ali Maulana Hakim, Buka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 09 Sunter Agung 1JAKARTA, kabarSBI.com – Wali Kota administrasi Jakarta Utara, Dr.Ali Maulana Hakim membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 09 Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, kota administrasi Jakarta Utara, Senin (8/7/2024).

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi tanda dibukanya MPLS di sekolah se-Jakarta Utara mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK.

Dr. Ali Maulana Hakim, Buka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 09 Sunter Agung 2Ali memberikan ucapan selamat dan motivasi kepada para siswa dan siswi di SDN tersebut. MPLS merupakan masa transisi anak-anak, mulai dari PAUD ke SD, SD ke SMP dan seterusnya. .

“Hari pertama masuk sekolah saya berpesan kepada sekolah agar memberi pengalaman yang terbaik bagi para peserta didik baru. Ajarkan mereka pengenalan lingkungan sekolah, kurikulum baru, tata tertib dan informasikan juga apa saja prestasi membanggakan dari sekolah,” ujar Ali.

Ia menambahkan, MPLS ini juga ajang perkenalan peserta didik antara satu dengan lainnya. Maka dari itu, pihak sekolah harus memberikan ilmu tentang budi pekerti, saling menghormati sesama teman dan guru, tidak ada pertengkaran serta tentang kesehatan.

“Sesuai pesan Pj Gubernur, para guru harus aktif dan memperhatikan tumbuh kembang peserta didiknya. Pastikan mereka belajar dengan aman, nyaman, bahagia dan tanpa tekanan,” ungkapnya.

Ali berharap para peserta didik baru ini diajarkan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara, tanamkan pemahaman dan kesadaran bahwa masyarakat bagian dari negara. Kemudian mengenalkan budaya adat istiadat, karena peserta didik di sekolah ini datang dari berbagai daerah.

Terakhir, pihak sekolah juga diminta mengajarkan peserta didik menabung serta belajar melalui literasi digital. Para peserta perlu diajak memanfaatkan gadget mereka untuk belajar membaca, menghitung dan sebagainya.

“Saya juga berpesan kepada orang tua untuk memonitor pembelajaran anak-anak mereka di sekolah. Ilmu di sekolah dan di rumah harus nyambung. Kemudian penggunaan gadget, harus terus dipantau. Ajarkan anak-anak dengan hal yang positif,” tuturnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali Maulana Hakim. mengucapkan terima kasih kepada para orang tua murid yang sudah mendampingi anak-anaknya di hari pertama masuk sekolah. Sebab, MPLS merupakan momen penting bagi para peserta didik baru. Mereka dinilai perlu diberikan pembelajaran yang menyenangkan dengan bermain, lalu ke tahap belajar.

“Saya ucapkan selamat belajar supaya mereka menjadi orang hebat dan membanggakan bagi bangsa ini. Tetap taat ibadah, patuh terhadap orang tua dan guru, serta saling menyayangi antar teman,” imbuhnya.

Kepala SDN 09 Sunter Agung, Sugiana mengaku senang dengan kehadiran Wali Kota dan Ketua TP PKK Jakarta Utara yang telah memberikan motivasi bagi para peserta didik barunya. Peserta yang ikut apel pada hari ini ada sekitar 130 orang dan berasal dari empat kelas.

“Semoga mereka bisa mengikuti pembelajaran ini dengan baik dan lancar,” tandasnya.

(djutari/red)

Kabar Terbaru