oleh

Gerbangsimas Kuningan Bangun Jalan Lingkungan Dusun Awiluar, Warga Senang

Gerbangsimas Kuningan Bangun Jalan Lingkungan Dusun Awiluar, Warga Senang 1
Foto: Warga bersama membangun jalan lingkungan makam Awi Luar di Dusun Awiluar, Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum, Kuningan. (dok)

KUNINGAN, kabarSBI.com – Program Gerakan Membangun Sarana Infrastruktur Bersama Masyarakat (Gerbangsimas) Kabupaten Kuningan melaksanakan pembangunan jalan lingkungan makam Awi Luar di Dusun Awiluar, Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum, Kuningan, Jawa Barat.

Program tersebut mendapat apresiasi warga desa setempat karena dinilai cukup baik serta melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunannya sehingga kualitas jalan menjadi utama alias tak mudah rusak. Tak sedikit diantara warga yang mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kuningan dan Dinas terkait.

Program itu sendiri tidak menggunkan dana desa melaikan anggaran Kabupaten melalui bantuan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kuningan yang yang menyiapkan material bangunan dan sarana lainnya. Selain jalan lingkungan program Gerbangsimas juga menyasar pada jalan – jalan ekonomi di wilayah pedesaan Kabupaten Kuningan.

Pengawas Jalan Gerbang Simas, Uus Suningrat menyebutkan, masih banyak jalan lingkungan dan jalan ekonomi yang masih membutuhkan pembangunan infrastruktur. Sejauh ini menurutnya warga dan pengurus dusun terbantu dengan adanya program Gerbangsimas yang berjalan sejak tahun 2018.

Gerbangsimas Kuningan Bangun Jalan Lingkungan Dusun Awiluar, Warga Senang 2
Foto: Hasil pembangunan jalan sepanjang 100 meter melalui program Gerbangsimas dan masyarakat desa. (dok)

“Karena jalan inspraktuktur di desa-desa masih banyak yang belum terpenuhi saya berharap masyarakat maupun kepala desa dapat mengusulkan.  Dan jalan yang telah dibangun memalui programsimas dapat bermanfaat bagi masyarakat juga diharapkan dapat merawatnya, ” ucap Uus, Sabtu, 7/12/2019.

Sebelumnya, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama mengungkapkan, program Gerbang Simas ini dinilai sangat bermanfaat bagi desa penerima bantuan, karena mampu memberdayakan masyarakat setempat. Kemudian untuk hasil lebih maksimal, bisa ditambahkan oleh anggaran yang bersumber dari Dana Desa, dengan syarat harus tertib administrasi.

“Insha Allah, program ini dari tahun ke tahun akan selalu dikembangkan, sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Kuningan. Besar harapan melaui Gerbang Simas Kuningan semakin maju dengan pembangunan berbasis desa.  Kami sangat berharap adanya partisipasi masyarakat dalam menyukseskan program Gerbang Simas. Ditambah lagi setelah pembangunan selesai dilaksanakan, semua masyarakat harus dapat menjaganya dengan pemeliharaan secara baik,” imbuh Acep.

Tahun 2018, Gerbangsimas dilaksanakan oleh 55 desa berupa pelaburan aspal di 8 desa, rabat beton 20 desa, tpt 12 desa, dengan jumlah aspal 330 drum, semen 7.134 zak, batu pecah 1.258 M3, batu screen 368 M3, pasir 989 M3 dengan nilai pengadaan sebesar Rp. 2.041.199.600.  (samidi/r/as)

Kabar Terbaru