oleh

Jelang Libur Panjang Nataru 2024, Kapolda Kepri Perintahkan Polresta Jajaran Cek Alat Keselamatan

-Daerah, Hukum, Nasional-2443 Dilihat

Jelang Libur Panjang Nataru 2024, Kapolda Kepri Perintahkan Polresta Jajaran Cek Alat Keselamatan 1KEPRI, kabarSBI.com – Memasuki libur panjang di penghujung tahun 2023, Kepolisian perkirakan ribuan warga akan menggunakan masa Natal dan tahun baru 2024 untuk melakukan perjalanan keluar daerah, sehingga diperkirakan akan ada ribuan warga yang menggunakan jalur penyeberangan laut. Berkaitan dengan hal tersebut, Kapolda Kepri, Brigjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., mengingatkan kepada penyedia jasa transportasi untuk menjamin keselamatan para warga yang menjadi penumpang.

“Sekarang ini memasuki libur panjang Nataru 2024 yang mana penggunaan jasa angkutan air akan meningkat. Kita mengingatkan kepada pelaku usaha angkutan air untuk melengkapi life jacket atau jaket pelampung di setiap alat angkutnya. Maupun itu perahu, roro, kapal ferry, maupun di sampan harus disediakan,” jelas Kapolda Kepri, Kamis (21/12/23).

Mengingat kejadian tahun 2018 silam, Kapolda menceritakan kejadian yang menimpa penumpang yang berwisata ke Pulau Penyengat menggunakan perahu. Saat itu perahu yang mereka tumpangi terbalik dan semua penumpang meninggal dunia.

“Dengan kejadian tersebut, sekarang ini kita wajib menyediakan pelampung keselamatan pada semua kapal,” jelasnya lebih lanjut.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, Kapolda pun memerintahkan kepada semua Polresta jajaran di Polda Kepri untuk melakukan pengecekan dan memberikan himbauan.

“Jangan sampai kejadian yang bisa kita antisipasi, karena kelalaian kita sendiri tidak mengingatkan, musibah itu dapat terjadi. Saat kapal akan berlayar, kita harus memberikan himbauan kepada seluruh penumpang bahwa pelampung keselamatan ada dibawah dan jumlahnya cukup untuk seluruh penumpang. Selain berikan himbauan, kita juga siapkan print atau spanduk himbauan alat keselamatan untuk penumpang kapal,” tutupnya.

(my/simon/red)

Kabar Terbaru