oleh

Pastikan Kapal Rohingya tak Berlabuh ke Daratan, Polda Aceh Bantu Imigran Rohingya yang Terdampar di Perairan Aceh

-Daerah, Sosial-565 Dilihat

Pastikan Kapal Rohingya tak Berlabuh ke Daratan, Polda Aceh Bantu Imigran Rohingya yang Terdampar di Perairan Aceh 1ACEH, kabarSBI.com – Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy S.H., S.IK., M.Si, memastikan kapal kayu yang mengangkut pengungsi Rohingya dan berada di Perairan Bireuen tak akan berlabuh ke daratan.

Kabid Humas menambahkan bahwa petugas hanya akan membantu persediaan mulai dari makanan dan bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal yang membawa 120 orang warga Rohingya.  “Kami hanya akan memberikan bantuan ke kapal Rohingya agar mereka melanjutkan perjalanan ke Malaysia sebagaimana rekom yang dimiliki,” jelas Kabid Humas Polda Aceh itu, Selasa (28/12/2021).

Kabid Humas mengatakan bahwa bantuan BBM dan makanan itu adalah permintaan langsung dari warga Rohingya yang ada di kapal tersebut. Ia juga menambahkan bantuan akan diberikan Direktorat Polairud Polda Aceh, Polres Bireuen, TNI AL, dan Pemkab Bireuen.

“Tim gabungan juga bakal memantau pergerakan kapal menuju Malaysia,” jelasnya.  Namun, dia belum tahu apakah kapal tersebut bakal dikawal TNI AL hingga ke perbatasan negara atau tidak. Dia hanya menyebut kapal kayu itu akan segera meninggalkan Aceh begitu dapat pasokan makanan dan BBM.

“Saya kira setelah selesai penyuplaian tentunya langsung melanjutkan perjalanan,” pungkas Kabid Humas.  Sebelumnya, nelayan Aceh melihat kapal yang diduga membawa warga etnis Rohingya berada di Perairan Bireuen. Kapal itu masih berada di tengah lautan.(red)

Kabar Terbaru