oleh

Polda Sulut Tingkatkan Pengawasan untuk Cegah Penyakit ASF pada Babi

-Daerah, Hukum, Nasional-3018 Dilihat

Polda Sulut Tingkatkan Pengawasan untuk Cegah Penyakit ASF pada Babi 1SULUT, kabarSBI.com – Polda Sulawesi Utara meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas ternak hewan babi di perbatasan guna mencegah masuknya virus ‘African Swine Fever’ (ASF), di wilayah itu.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol. Iis Kristian mengatakan, kepolisian telah melakukan langkah-langkah dan upaya untuk pencegahan penyakit ASF.

“Pak Kapolda sudah memerintah, mengarahkan kepada seluruh jajaran Polres-Polres jajaran Polda Sulut, segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk pencegahan ASF terjangkit pada babi di wilayahnya masing-masing,” ujar Kombes Pol. Kristian, Kamis (15/6/23).

Selain itu, mengawasi lalu lintas hewan babi dan produk daging babi dengan mengaktifkan pos pemeriksaan hewan di perbatasan provinsi kabupaten dan kota. Dalam pengawasan ini, kepolisian telah melibatkan gugus tugas penanganan penyakit ASF dengan instansi terkait.

Kapolda juga telah memberikan arahan kepada seluruh jajaran agar selalu memastikan setiap ternak yang diangkut harus disertai dokumen surat rekomendasi pemasukan dari daerah tujuan dan surat rekomendasi pengeluaran dari daerah asal, atau surat lainnya untuk produk daging babi yang diangkut.

“Melakukan tindakan tegas kepada orang atau pengusaha melakukan lalu lintas hewan ilegal. Itu beberapa upaya yang sudah dilakukan Polda Sulut dan jajaran, di mana upaya-upaya tersebut yang pasti adalah perlu koordinasi dan kerja sama dengan instansi dinas terkait,” terang Kombes Pol. Kristian.

Lebih lanjut, masyarakat juga diimbau untuk melapor ketika hewan ternak babi milik mereka mati. Tujuannya, supaya dapat penanganan secara cepat dan tepat.

“Karena penanganan hewan ternak babi yang mati harus tepat guna mencegah menularnya penyakit ASF di wilayah ini,” tutup Kombes Pol. Kristian. (simon/red)

Kabar Terbaru