oleh

Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Pelestarian Budaya di Ibu Kota Nusantara

Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Pelestarian Budaya di Ibu Kota Nusantara 1IKN NUSANTARA, kabarSBI.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa giatnya pembangunan infrastruktur yang tengah dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN) harus diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusia dan pelestarian budaya.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Festival Harmoni Budaya Nusantara, di Lapangan Taruna, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (3/11/2023) pagi.

“[Infrastruktur] itu semuanya fisik. Padahal mestinya yang didahulukan adalah pembangunan sumber daya manusia, pelestarian kebudayaan, merawat kebudayaan yang ada, jangan sampai nanti tergerus oleh budaya-budaya dari luar, budaya-budaya asing,” ujar Presiden.

Kepala Negara pun mengapresiasi diadakannya kegiatan Festival Harmoni Budaya Nusantara sebagai pengingat sekaligus upaya untuk melestarikan budaya nusantara yang sangat beragam.

“Seni budaya kita, budaya Indonesia itu sangat beragam, sangat majemuk. Sukunya saja kita memiliki 714. Artinya, kekuatan, karakter, budaya itu sangat dan harus kita lestarikan dan harus kita rawat,” ucapnya.

Presiden mengatakan, IKN nantinya akan dihuni oleh masyarakat dari beragam etnis dan budaya, baik dari masyarakat lokal maupun pendatang. Presiden pun berharap semua pihak dapat hidup rukun dan harmonis serta bersama-sama menjaga, melestarikan, dan mengembangkan budaya bangsa, termasuk budaya lokal dan tradisi masyarakat Kalimantan Timur

“Karena itu perlu dibangun kesadaran bersama pentingnya sikap saling menghormati, sikap saling menghargai keragaman, dan menjadikan Bhinneka Tunggal Ika sebagai sebuah kekuatan untuk membangun harmoni, kebersamaan, dan persatuan,” tandasnya.

(UN/pri/red)

Kabar Terbaru