oleh

Terapkan Sistem Online, BURT Apresiasi Layanan RS Elisabeth Batam

Terapkan Sistem Online, BURT Apresiasi Layanan RS Elisabeth Batam 1BATAM, kabarSBI.com – Tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI meninjau langsung Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam Kota. Peninjauan ini untuk melihat secara langsung fasilitas layanan kesehatan bagi para anggota DPR RI sebagai pemegang layanan jaminan kesehatan utama (Jamkestama).

Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso yang memimpin tim ini mengapresiasi pelayanan RS Santa Elisabeth Batam. Menurutnya, fasilitas rumah sakit provider asuransi Jasindo tersebut cukup memadai untuk menunjang pelayanan medis bagi penerima manfaat dan juga masyarakat umum.

“Sebelumnya BURT sudah pernah kesini, tetapi tidak ke rumah sakitnya karena waktu itu masih situasi pandemi Covid-19. Ternyata, seperti yang dikatakan waktu itu, RS ini sudah cukup baik dan layak untuk provider Jasindo,” ungkap Agung Budi usai pertemuan dengan Jajaran RS Santa Elisabeth Batam beserta Kepala Cabang Asuransi Jasindo di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (30/3/2023).

Lebih lanjut, Politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini juga menyambut baik implementasi antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN yang diterapkan di RS Elisabeth sejak awal tahun ini. Ia mengatakan, sistem antrean online dapat mencegah terjadinya penumpukan pasien pada saat pendaftaran.

“Saya kira ini inovasi yang bagus. Kita tidak boleh ketinggalan zaman, saya pikir untuk RS yang belum online harus mulai mengikuti sehingga masyarakat bisa datang tepat waktu tidak perlu menunggu lama hanya untuk pendaftaran. Jadi begitu orang datang, kalau bisa langsung ditangani,” katanya.

Sementara itu, Anggota BURT DPR RI Dapil Batam Cen Sui Lan juga memberikan apresiasi kepada RS Elisabeth yang melayani pasien BPJS Kesehatan. Dikatakannya, 80 persen pasien yang ditangani merupakan peserta BPJS Kesehatan.

“Ini merupakan suatu kebanggaan karena sangat membantu masyarakat yang sakit. Bagaimanapun, masyarakat pemegang BPJS merupakan masyarakat Indonesia, jadi tidak boleh ada diskriminasi dalam memberikan pelayanan kesehatan,” terangnya.

Sebelumnya, Direktur RS Santa Elisabeth Batam Kota dr. Sahat Hamonangan menyampaikan fasilitas kesehatan yang dimiliki dalam melayani pasien. Adapun beberapa layanan unggulan yaitu layanan operasi katarak dan bedah ortopedi. Dimana mayoritas pasiennya merupakan penerima manfaat BPJS Kesehatan.

“Kedepan kita akan menambah layanan THT untuk meningkatkan kapasitas RS kami dan kami berterima kasih kepada Anggota DPR untuk menjadikan RS ini sebagai tempat berobat. Ini semangat bagi kamu untuk membuat program unggulan lain,” sambungnya. (ann/aha/red)

Kabar Terbaru