oleh

Wamenkeu Minta Kementerian dan Lembaga Optimalkan Kelola Aset Negara

Wamenkeu Minta Kementerian dan Lembaga Optimalkan Kelola Aset Negara 1JAKARTA, kabarSBI.com – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta aset negara yang saat ini mencapai Rp11.400 triliun dapat dioptimalkan secara inovatif sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kalau kita terus kreatif, maka Republik kita akan terus mendapatkan ide-ide dan terobosan-terobosan baru dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. Karena itu, saya senang sekali kalau Kementerian Lembaga, BLU (Badan Layanan Umum), dan pemerintah daerah bisa terus menciptakan kreativitas dan mencari kreativitas baru,” kata Wamenkeu saat menghadiri malam puncak penghargaan The Asset Manager yang diselenggarakan di Yogyakarta pada Kamis (25/08).

Aset sebesar Rp11.400 triliun tersebut merupakan aset pemerintah pusat di luar aset pemerintah daerah yang tersebar di seluruh Kementerian/Lembaga, termasuk di Badan Layanan Umum (BLU). Wamenkeu berharap setiap Kementerian/Lembaga bisa mendapatkan inspirasi dari aset yang dimiliki.

Sebagai informasi, acara The Asset Manager 2022 merupakan kompetisi pengelolaan aset negara di Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), BLU di bawah Kementerian Keuangan. Tema yang diangkat adalah optimalisasi aset negara guna mendukung penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini sejalan dengan semangat penguatan ekonomi melalui penguatan pilar strategis, termasuk pariwisata dan industri kreatif yang dinilai memiliki dampak multiplier bagi perekonomian masyarakat.

Adapun jumlah peserta The Asset Manager pada tahun ini sebanyak 108 peserta yang merupakan perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, BLU, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Wamenkeu meminta LMAN untuk meningkatkan lagi jumlah peserta di tahun depan karena masih banyak potensi peserta yang dapat mengikuti kegiatan tersebut.

“Sangat penting teman-teman pengelola The Asset Manager, LMAN bisa men-trigger kreativitas dengan acara kompetisi yang lebih baik. Saya mengucapkan terima kasih untuk LMAN,” ujar Wamenkeu. (dep/hpy/red)

Kabar Terbaru