oleh

Gunakan DD Rp 280 juta, Pemdes Ratawangi Bikin TPT Belum 3 Bulan Sudah Ambrol

-Headline, Daerah-992 Dilihat
Gunakan DD Rp 280 juta, Pemdes Ratawangi Bikin TPT Belum 3 Bulan Sudah Ambrol 1
TPT yang ambrol di Dusun Merjan Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. (dok)

CIAMIS, kabarSBI.com – Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Merjan Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis yang dibangun bulan November lalu oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, sudah ambrol.

Menurut warga Bangunan TPT menghabiskan biaya Rp 280 juta lebih dengan menggunakan anggaran dana desa (DD) tahun 2019. Warga menduga mutu bangunan tidak berkualitas karena tak mampu menahan air hujan.

Pantauan dilapangan bangunan TPT tersebut ambrol sejak sepekan yang lalu. TPT memiliki panjang puluhan meter dengan ketinggian kurang dari 1 meter, tebal sekitar 30 cm.

Kerusakan lebih dari 30 persen, termasuk adanya retak, dan bolong-bolong. Penyebabnya diduga karena kontruksi bangunan tanggul tidak kokoh, adukan nampak kurang semen. Selain itu, penyebab lain karena guyuran air hujan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ratawangi, Sulur, tidak menapik adanya bangunan TPT yang ambrol di wilayah tugasnya. Menurut dia, kejadian itu sudah dilaporkan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis.

“Itu sudah kami laporkan pada DPMD, sudah di konsultasikan dan di monev (monitoring dan evaluasi, red) juga dari DPMD. Hasilnya kami menggu hasil dari inspektorat,” ujar Sekdes Sulur.

Ia mejelaskan kerusakan pada TPT Karena adanya sendimentasi air hujan yang masuk bawah tanah TPT.

“Sementara itu yang bisa sayasampaikan. Terkait warga apabila ada yang belum mengerti hal itu dapat disampaikan kepada BPD (Badan Pemberdayaan Desa, red), BPD adalah wakil masyarakat desa. BPD juga punya peran untuk menjelaskan pada warga,” jelas Sekdes. (bono/r/as)

Kabar Terbaru