Kapolri Lantik 279 Taruna Akpol Tingkat IV Angkatan 49

SEMARANG, KabarSBI.com – Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D beserta Ketua Umum Bhayangkari, Ny.Hj. Tri Tito Karnavian, menghadiri Wisuda dan Penutupan Pendidikan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tingkat IV Angkatan 49 Batalyon Prawira Hirya di Auditorium Cendrawasih, Akpol Semarang, Senin (9/7/2018).

Dalam kegiatan tersebut Kapolri didampingi Kabaintelkam Polri, Komjen Pol.Drs. Lutfi Lubihanto, M.M, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Unggung Cahyono beserta Pejabat Utama Mabes Polri, Pejabat Utama Lemdiklat Polri dan Pejabat Utama Akpol serta Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Condro Kirono, beserta Pejabat utama Polda Jateng.

Selain itu, turut hadir juga Kapolri pada Massa Jenderal Pol (Purn.) Drs. Da’i Bachtiar, S.H., KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Gubernur Akpol pada massanya.

Setibanya di Akpol, Kapolri beserta Ketum Bhayangkari disambut dengan tradisi penyambutan di Gerbang Tanggon Kosala Akpol oleh Gubernur Akpol dan para Taruna serta diiringi dengan Tim Drum Corps.

Adapun jumlah Capaja Akademi Kepolisian yang melaksanakan wisuda sebanyak 279 orang yang terdiri dari 228 Taruna dan 51 Taruni.

Kegiatan diawali dengan orasi Ilmiah oleh Kompol Wirdhanto Hadicaksono,S.IK., M. Si tentang Tuntunan Kompetensi Anggota Polri sebagai Human Capital dalam Menghadapi Tantangan Dinamika Keamanan. Lulusan AKPOL menerimana Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari Kepolisian, Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang). Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek: akademis, jasmani, dan kepribadian (mental)

Pada kesempatan tersebut Kapolri memberikan penghargaan dan medali kepada wisudawan yang terbaik dan pemberian anugerah Adhi Makayasa dilaksanakan pada acara Prasetya Perwira (Praspa) dan Sumpah Perwira, Peraih Adhy Makayasa BT Doly Septian.

Peraih penghargaan Ati Tanggon 1 BT Doly Septian, peraih penghargaan Ati Tanggon 2 BT Annas Zulkarnain dan Peraih Penghargaan Ati Tanggon 3 BT Fery Afrilio Christanto.

Selain itu, peraih penghargaan Ati Trengginas, Peraih Penghargaan Ati Trengginas 1 BT I Komang Mahendra Deputra, peraih penghargaan Ati Trengginas 2 BT Chruys Ryzer Aditya Putra Rumbiak dan Peraih Penghargaan Ati Trengginas 3 BT Indah Fitria Ranita.

Peraih Penghargaan Ati Tamba, Peraih Penghargaan Ati Tamba 1 BT I Komang Mahendra Deputra, peraih penghargaan Ati Tamba 2 BT Famda Egga Prasnada, dan peraih penghargaan Ati Tamba 3 BT Doly Septian.

Peraih penghargaan Ati Tangkas 1 BT Afif Widhi Ananto, peraih penghargaan Ati Tangkas 2 BT Edward Prana Jaya Purba dan peraih penghargaan Ati Tangkas 3 BT Annas Zulkarnain. (hms/r/as)