oleh

Polri : Jelang Tahun Baru 2024, Arus Lalu Lintas Aman dan Lancar

-Daerah, Hukum, Nasional-2704 Dilihat

Polri : Jelang Tahun Baru 2024, Arus Lalu Lintas Aman dan Lancar 1KARAWANG, kabarSBI.com – Arus lalu lintas menuju arah Merak pada hari ke sembilan Operasi Lilin 2023, Sabtu (30/12/23), terpantau aman dan lancar. Hal tersebut disampaikan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.H., M.Si., usai melakukan pantauan udara.

“Pantauan udara sepanjang perjalanan menuju arah Merak situasi aman dan lancar. Selain itu, pantauan juga dilakukan terhadap pergerakan masyarakat yang menggunakan kapal Fery di Pelabuhan Merak. Enam dermaga di Pelabuhan Merak semuanya berfungsi dan mampu menampung semua kendaraan yang akan menyeberang,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri.

Pantauan udara dari Pelabuhan Merak, dilanjutkan perjalanan darat sepanjang perjalanan tol dari Merak ke Jakarta dan dari Jakarta ke KM 57. Berdasarkan pos KM 57 bahwa pemberlakuan rekayasa lalulintas hari ini hanya diberlakukan satu jam mulai dari pukul 07.00 Wib s.d 08.00 wib yaitu rekaya lalulintas contraflow yang diberlakukan satu lanjur. Setelah jam 08.00, arus lalu lintas kembali diberlakukan normal. Pemberlakuan rekayasa lalulintas contraflow dilakukan secara situasional, ketika terjadinya peningkatan kendaraan.

“Sepanjang operasi lilin sampai pada hari ke sembilan ini rekayasa lalulintas dengan pemberlakuan one way belum pernah dilakukan artinya situasi lalulintas melalui jalur darat berjalan lancar,” ungkap Karo Penmas Divhumas Polri.

Polri melakukan pantauan udara untuk memastikan bahwa arus lalulintas berjalan lancar. Secara umum seluruh titik sudah dipetakan dan dilakukan prediksi untuk melakukan itu titik yang dianggap rawan sudah disiapkan personel dan rekayasa lalulintas untuk mengurai, oleh karena itu dilakukan contraflow untuk kelancaran.

“Masyarakat yang akan melakukan mudik Natal dan Tahun Baru, diimbau untuk mempersiapkan fisik dan kesiapan kendaraan. Jangan sampai kelelahan, kondisi mengantuk kemudian dipaksakan yang akan berakibat fatal, yang kedua periksa kesiapan kendaraan pastikan dengan baik demi keselamatan para pengemudi, keselamatan sendiri dan orang lain,” tutupnya.

(bg/simon/red)

Kabar Terbaru