oleh

Delegasi TNI AL dan UK Hydrographic Tingkatkan Kerjasama Bidang Pemetaan Laut

Delegasi TNI AL dan UK Hydrographic Tingkatkan Kerjasama Bidang Pemetaan Laut 1INGGRIS, kabarSBI.com – Delegasi TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang dipimpin Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksdya TNI Nurhidayat melaksanakan Courtesy Call ke UK Hydrographic Office di Taunton, Inggris pada Jumat (13/10), pekan lalu. Kegiatan tersebut dalam rangka penandatanganan perpanjangan kerjasama yang telah terjalin selama 25 tahun terkait bidang hidrografi serta bergabungnya Pushidrosal sebagai anggota IC-ENC yang ke-50.

Kehadiran Danpushidrosal disambut hangat oleh HM Hydrographer of The Navy Captain Pat MOWATT RN, Direktur Kerjasama Internasional Mr. Chris Hunt, dan General Manager IC-ENC Mr. James Harper beserta staf UKHO dan IC-ENC. Danpushidrosal didampingi Letkol Laut (KH) Qisthi Amarona dan Kapten Laut (E) Lalu Kurnia Darmawan berkesempatan melihat secara langsung sistem kerja kantor hidrografi modern yang sangat penting bagi pengembangan Pushidrosal ke depan, khususnya dalam menghadapi perkembangan teknologi digital dan pemberlakuan S-100. Danpushidrosal juga berkesempatan melihat secara langsung sistem pembelajaran program Training Marine Cartography Cat-B yang memiliki fasilitas terbaik di dunia dengan beberapa peserta dari seluruh dunia dan salah satu pesertanya adalah staf Pushidrosal.

Tim Pushidrosal dan UKHO juga mendiskusikan tentang isu-isu strategis yang terkait dengan transisi dan konversi basis data dalam rangka mengantisipasi periode dual-fuel ENC S-57 dan S-100. Kerjasama yang telah terjalin selama ini telah memberikan banyak manfaat bagi Pushidrosal dalam meningkatkan kualitas produk peta laut dan ENC, distribusi global ENC Indonesia ke seluruh dunia serta pembangunan kapasitas SDM Pushidrosal yang profesional dan memiliki kompetensi yang berstandar internasional.

Kerjasama dan kolaborasi antara lembaga hidrografi di seluruh dunia merupakan suatu hal sangat penting dan juga direkomendasikan oleh IHO dalam rangka menjamin keselamatan navigasi pelayaran khususnya terkait dengan penyamaan standardisasi pemetaan laut di seluruh dunia. Sebagaimana bergabungnya Pushidrosal menjadi anggota ke-50 IC-ENC tersebut adalah sesuai dengan resolusi IHO terkait dengan distribusi Global ENC yang memiliki kualitas dan standar Internasional.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada jajaran TNI AL untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan dan menjalin kerjasama dengan negara-negara sahabat supaya dapat mengembangkan inovasi dan membangun SDM TNI AL yang profesional demi kejayaan Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe”. (puspenTNI/red)

Kabar Terbaru