oleh

Ridwan Kamil Letakan Batu Pertama Pembangunan RTP ‘Paamprokan’ Pangandaran

Ridwan Kamil Letakan Batu Pertama Pembangunan RTP 'Paamprokan' Pangandaran 1
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan peletakan batu pertama RTP ‘Paamprokan’ di Pangandaran. (dok/ist)

PANGANDARAN, kabarSBI.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Ruang Terbuka Publik (RTP) di Pangandaran, Jumat, 23/10/2020.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, lahan yang digunakan untuk ruang terbuka publik ini merupakan milik Pemprov Jabar dengan luas yang digunakan hanya sekitar 1,8 hektare dari total luas keseluruhan lahan 3 hektare.

Usai peletakan batu pertama, Kang Emil, akhirnya memberi nama Paamprok (bahasa sunda: artinya bertemu) maksudnya tempat tersebut merupakan tempat Pertemuan. Pembangunan Ruang Terbuka Publik ini dibiayai dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari  PT. Panca Makmur Bersama (PMB).

“Ruang terbuka publik ini saya beri nama PAAMPROKAN yang artinya dalam Bahasa Sunda itu tempat bertemu,” jelas kang Emil.

Lebih lanjut Emil berharap ruang terbuka publik dapat pula menjadi tempat yang bermakna bagi kearifan lokal.  “Untuk pemberian nama apa pun selain enak dibaca, juga harus mempunyai makna mulia dan bermakna tentang kearifan lokal,“ terang Emil.

Emil juga mengatakan, rencananya nanti di Ruang Terbuka Publik (RTP) Paamprokan akan dibangun sejumlah fasilitas, seperti plaza, menara pandang, shelter UKM, ruang bermain anak, arena olahraga serta fasilitas penunjang lainnya.

Ridwan Kamil Letakan Batu Pertama Pembangunan RTP 'Paamprokan' Pangandaran 2
Pjs Bupati Pangandaran, Dani Ramdhan, turut bersama Kang Emil dalam peletakan batu pertama RTP Paamprokan. (dok/ist)

Sementara menurut Pjs Bupati Pangandaran, H. Dani Ramdhan, RTP Paamprokan akan jadi tambahan varian wisata yang diharapkan bisa membuat arus kunjungan wisatawan ke Pangandaran semakin bertambah.

“Saya  juga berharap (RTP) Paamprokan dapat menjadi tujuan wisata baru, selama ini bagi wisatawan selalu terfokus di pantai barat dan timur, hingga sering terjadinya kemacetan,“ pungkas Dani.

Pada kesempatan tersebut selain Pjs Bupati Pangandaran Dr. H Dani Ramdan MT, turut hadir pula Walikota Banjar Hj. Ade. Uu Sukaesih, Kepala Dinas Tarkim Prov. Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Prov Jabar, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Sekda Pangandaran Drs. Kusdiana MM, Sekda Kabupaten Ciamis, dan Direktur Utama PT. Panca Makmur Bersama. (rahman/r/as)

Kabar Terbaru