oleh

KPKP Jakut Berikan Layanan Vaksinasi Rabies Gratis di Papanggo

KPKP Jakut Berikan Layanan Vaksinasi Rabies Gratis di Papanggo 1
Petugas vaksinasi hewan kucing. (dok)

JAKARTA, kabarSBI.com – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Utara mengadakan layanan jemput bola vaksinasi rabies gratis di RW 01 dan RW 03 Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, mulai 22-25 Januari 2024.

Hari ini, (Senin, 22/1/2024) sebanyak 117 Hewan Penular Rabies (HPR) berhasil divaksin, demikian ungkap Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto.

Ia mengatakan, layanan jemput bola vaksinasi HPR ini menjadi kali pertama dilakukan di Tahun Anggaran 2024.

“Vaksinasi HPR ini gratis dan akan dilakukan berkelanjutan di 31 wilayah Kelurahan di Jakarta Utara,” jelasnya.

Unang merinci, HPR yang divaksin pada hari ini terdiri dari 115 ekor Kucing dan dua ekor Anjing. Selain melakukan vaksinasi, dalam layanan jemput bola ini sebanyak 28 Kucing juga diberikan pengobatan.

“Vaksinasi dan layanan kesehatan hewan hari ini berlangsung di Kantor Sekretariat RW 01 dan RW 03 Papanggo,” terangnya.

Ia menambahkan, pada Selasa (23/1) layanan akan diadakan layanan vaksinasi HPR di Kantor Sekretariat RW 05 dan RW 07. Lusa, di Kantor Sekretariat RW 04 dan RW 09. Sementara, layanan di Kantor Sekretariat RW 12 dan RW 13 diselenggarakan pada 25 Januari mendatang.

“Silakan warga manfaatkan dengan datang membawa HPR yang dipelihara ke lokasi layanan sesuai penjadwalan,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang warga RT 11/03, Kelurahan Papanggo, Supriyadi (46) mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan jemput bola vaksinasi gratis HPR.

“Saya memelihara lima ekor kucing, sangat senang dan terbantu adanya layanan vaksinasi gratis seperti ini. Biasanya untuk vaksinasi rabies di petshop dikenakan biaya Rp 200 ribu,” ungkapnya.

Layanan ini juga mendapatkan apresiasi dari warga RT 05/01, Kelurahan Papanggo, Tri Rahayu Widianti (24). Tri merasa sangat senang dengan adanya vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan HPR.

“Hewan peliharaan saya diberikan obat dan vitamin. Vaksinasi HPR ini penting untuk kesehatan hewan dan manusia. Semoga kegiatan seperti ini sering diadakan tiap tahun,” harapnya. (amin/r/as)

Kabar Terbaru