oleh

Pilkades Serentak, Bupati dan Sekda Kuningan Ucapkan Terima Kasih

Pilkades Serentak, Bupati dan Sekda Kuningan Ucapkan Terima Kasih 1
Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar saat monitoring pelaksanaan Pilkades serentak. (dok/hms)

KUNINGAN, kabarSBI.com – Pelaksanaa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Kuningan telah berlangsung kemarin (3/11/2019). Pada umumnya pelaksanaan tersebut berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti, masyarakat pun menyambut dengan baik.

“Saya ucapkan banyak terima kasih pada seluruhnya, masing-masing panitia atas pelaksanaan, persiapan yang berjalan dengan bagus. Baik dari tempat pemungutan suara pilkades, serta kelengkapan sarana penunjang sudah cukup baik. Tentunya mari kita berama-sama untuk selalu bersemangat menyukseskan Pilades,” kata Bupati Kuningan, Acep Purnama.

Ia menghimbau usai Pilkades serentak yang di ikuti 203 desa agar masyarakat Kabupaten Kunaingan dapat kembali beraktivitas secara normal dan tetap menjaga kesehatan serta kondusifitas lingkungan desa masing-masing.

“Semoga (Pasca Pilkades) situasi tetap kondusif sampai akhir tahapan dan adanya ketetapan,” imbunya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar, setelah mengamati pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019.

“Dari total 203 Desa yang telah melaksanakan pemilihan umum kepala desa, saya juga melihat antusiasme warga masyarakat yang telah menyalurkan hak pilihnya. Saya ucapkan banyak banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh jajaran panitia Pilkades,” ucap Sekda.

“Terima kasih juga kepada aparat keamanan yang bertugas menjaga kondusifitas sehingga semua proses pemilihan dapat berjalan dengan baik tanpa terkendala apapun,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Kuningan, Akhmad Faruk, mengatakan bahwa pihaknya berharap, warga masyarakat yang telah terbantu dengan adanya hasil perhitungan secara live real count dapat bersabar.

“Meski warga telah mengetahui gambaran perolehan suara Pilkades secara langsung, namun tetap keputusan siapa pemenang Pilkades dan data resmi hasil Pilkades adalah yang diumumkan oleh DPMD Kuningan,” ujar Akhmad Faruk kepada media.

Pilkades Serentak, Bupati dan Sekda Kuningan Ucapkan Terima Kasih 2
Suasana penghitungan suara Desa Cisaat, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. (dok)

Pilkades Cisaat ricuh
Dikarkan, Pilkades Cisaat, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan sempat diwarnai kericuhan. Pasalnya, di picu ketika pendukung paslon nomor urut 1 mengajukan protes saat penghitungan suara. Pada waktu yang bersamaan pendukung paslon nomor 2 sempat menasehati namun dengan nada agak keras. Pendukung lainnya pun menasehati supaya tidak mengeluarkan nada keras hingga menimbulkan aksi saling dorong.

Beruntung petugas dari kepolisian Polsek Cibingbin, bersama Kanit Intel setempat sigap menangani kericuhan sehingga tidak melebar secara luas., dan perhitungan suara kembali berjalan normatif.

Dari hasil rekap dan perolehan suara calon kepala desa Cisaat Kecamatan Cibingbin jumlah TPS 3, Total DPT 948 pemilih namun hanya 800 suara yang masuk. Nama calon Waha dan rivalnya Udri Sudriana, Waha paslon nomor 1 memperoleh total suara 347 dan harus menyerah dengan pesaingnya paslon nomor 2 Udri Sudriana yang memperoleh total suara 445, dengan selisih 98 suara, suara tidak sah 8.  (samidi/rust/r/as)

Kabar Terbaru