oleh

PGRI Kecamatan Padaherang Peringati HGN dan HUT PGRI ke-74, Kadisdikpora Pangandaran Hadir

PGRI Kecamatan Padaherang Peringati HGN dan HUT PGRI ke-74, Kadisdikpora Pangandaran Hadir 1
Momen hiburan di HGN dan HUT PGRI yang dilaksanakan PGRI Kecamatan Padaherang. (dok)

PANGANDARAN,  kabarSBI.com – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Peringati Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT-nya yang ke-74, tahun 2019 dengan mengangkat tema “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul.”

Disebutkan  HGN tidak pernah terpisahkan sebagaimana isi dari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 1994. Bahwa guru memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Kegiatan HUT HGN ke-74 tahun 2019 digelar di lapangan Surawangsa, Padaherang, Sabtu lalu (23/11/2019). hadir pada saat itu Sekda Pangandaran Kusdiana, Kadisdikpora H Surman, Ketua PGRI Yayan, Korwil, Para kepala sekolah dan guru-guru, pelajar SD, SMP  serta masyarakat.

Momen tersebut juga diwarnai berbagai aktivitas seperti hiburan musik, olahraga dengan bersepeda gunung, jalan santai  dan pemberian hadiah.

PGRI Kecamatan Padaherang Peringati HGN dan HUT PGRI ke-74, Kadisdikpora Pangandaran Hadir 2
Kadisdikpora Pangandaran Surman.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran, Surman mengatakan kegiatan HGN PGRI di Lapang Surawangsa Desa Padaherang Kecamatan Padaherang kabupaten Pangandaran, sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru.

“Hari Guru Nasional bersamaan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 25 Nopember. Tentu saja peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan,” ucapnya.

Menurutnya, guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik.

“Semangat guru guna mencapai tujuan nasional dan berkewajiban  untuk mencerdaskan bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada semua peserta didik termasuk masyarakat,” jelas Surman.

Sementara itu, Bupati yang di wakili Sekda Kabupaten Pangandaran Kusdiana menyampaikan bahwa hari guru menurutnya sebuah momentum untuk memberikan motivasi dan inspirasi.

“Berikan motivasi dan inspirasi  pada peserta didik dan tumbuhkan semangat solidaritas  hingga anak didik dapat tumbuh dan berkembang peduli terhadap sesama.  Marwah PGRI sebagai organisasi profesi dengan peran strategis guru dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul. Meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa,” paparnya.

Ia menghimbau agar para guru dapat memacu kinerja dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas profesionalnya. Mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.

“Memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru Profesional PGRI dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu. Memperkuat rasa kebersamaan guru melalui organisasi profesi PGRI yang independen, demokratis, dan bersinambungan,” harapnya.(bono/r/as)

Kabar Terbaru