oleh

Jalan Kabupaten Desa Jabranti Rusak Parah, Kerap Terjadi Kecelakaan

Jalan Kabupaten Desa Jabranti Rusak Parah, Kerap Terjadi Kecelakaan 1
Warga, Tokoh Masyarakat, Ketua BPD dan Kades Jabranti berharap Bupati Kuningan dapat membangun Jalan Kabupaten Desa Jabranti. (mm/dok)

KUNINGAN, kabarSBI.com – Akses Jalan Kabupaten sebagai pusat lalulintas ekonomi warga Desa Jabranti, Kecamatan, Karang Kencana, Kabupaten Kuningan mengalamj kerusakan yang cukup parah.

Hari-hari warga penguna akses Jalan kabupaten tersebut harus bersusah payah melintasi medan jalan yang berliku-liku dan berbatu serta terdapat sejumlah titik jalan yang rusak, mengancam keselamatan. Tidak sedikit warga yang tergelincir bahkan terjatuh baik menimpa anak – anak pelajar, petani, maupun kalangan usaha warga desa Jabranti.

Mungkin bagi sebagian warga desa akses jalan yang rusak lebih dirasa penderitaanya ketimbang menghadapi wabah pandemi Covid-19 yang tak nampak kasat mata. Hal itu karena sejak 2007 jalan belum pernah mendapat perhatian pembangunan dari pemerintah.

Jalan Kabupaten Desa Jabranti Rusak Parah, Kerap Terjadi Kecelakaan 2
Ahmad Nurjanah

Menurut warga Jalan sepanjang -+ 6 KM yang meliputi Desa Jabranti dan Desa Karang Kencana Kabupaten Kuningan menjadi muka atau penghubung bagi wilayah Kabupaten Brebes dan Kabupatem Cilacap.

Ahmad Nurjanah, tokoh masyarakat Desa Jabranti mengatakan keinginannya segera jalan penghubung antar desa antar kabupaten tersebut segera dibangun.

“Harapan kami sebagai masyarakat ingin sekali ada pembangunan jalan desa Jabranti. Tolong sekali Pak Bupati dan bapak dinas-dinas terkait dapat mewujudkan pembangunan jalan ini,” ujar Ahmad.

Lebih jauh, ia mengungkapkan dititik-titik tertentu di Jalan Kabupaten desa Jabranti menuju Dusun Banjaran terdapat jalan yang masih berbatu sepanjang sekitar 3 KM.

“Jalan (Berbatu) itu sulit untuk dilalui dan sering terjadi kecelakaan. Terakhir belum lama ini ada ibu hamil yang ditandu dan terjatuh karena jalannya tidak ada aspal apalagi Beton (cor hotmix),” ungkap dia.

Jalan Kabupaten Desa Jabranti Rusak Parah, Kerap Terjadi Kecelakaan 3
Maman Casman

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Desa Jabranti Maman Casman. Menurutnya pengalaman kecelakaan di jalan tersebut juga dia alami sendiri.

“Waktu saya mengantar anak-anak (SD) yang mau zoom meting. Saya bawa rombongan pakai mobil pick up itu tergelincir sehingga menghabat aktivitas anak sekolah. Itu saya yang alami sendiri, jadi memang benar di jalan kabupaten desa Jabranti ini sering terjadi kecelakaan,” ungkap Maman, yang juga profesi sebagai guru.

Ia berharap pada pemerintah Kabupaten Kuningan untuk segera membangun jalan pusat ekonomi masyarakat desa Jabranti yang menghubungkan pada jalan Kabupaten Brebes dan Cilacap.

“Jujur saya harus akui jalan wilayah tetangga kami lebih baik. Sementara jalan desa Jabranti ini seperti desa tertinggal padahal kami desa yang berkembang. Tapi sebagian kondisi jalanya masih batu-batuan, terjal dan licin bila musim hujan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jabranti Taska mengakui adanya desakan masyarakat atas kondisi fisik maupun psikis warganya terhadap jalan yang tak kunjung di perbaiki/dibangun.

Jalan Kabupaten Desa Jabranti Rusak Parah, Kerap Terjadi Kecelakaan 4
Kades Jabranti Taska.

“Segala upaya telah kami lakukan agar pemerintah Kabupaten Kuningan maupun provinsi untuk segera membangun jalan desa kami. Kami sudah layangkan surat maupun proposal sejak 2018 sebelum kondisi pandemi covid-19 ini, warga kami sangat mengingkan adanya pembangunan,” kata Kades Taska.

Ia mengaku dari panjang jalan Kabupaten Desa Jabranti kurang lebih 6 KM, sepanjang kurang lebih 4 KM mengalami kerusakan. Termasuk, kata Kades, Jalan yang masih berbatu menuju Dusun Banjaran, jalan itu sudah tidak ada aspal sejak 2007, apalagi di beton.

“Desa kami desa yang sedang berkembang dengan penghasil padi terbaik dan cukup banyak. Selain itu desa kami menjadi pusat mata air yang sudah mengaliri sejumlah desa-desa tetangga. Sebagai desa yang berkembang seharusnya akses jalan dan infrastruktur lainnya mendapat perhatian pemerintah daerah,” tutur Taska.

Ia juga berharap jalan desa Jabranti dapat segera dibangun. Sebab, kata dia, jalan tersebut adalah jalan satu-satunya akses jantung ekonomi masyarakat desa yang menuju dusun Banjaran dan perbatasan dengan Kabupaten Cilacap dan Brebes.

“Dan kami pemerintah desa juga berharap jalan maupun tanggul penahan yang amblas bulan Februari lalu posisinya persis tidak jauh dari kantor desa segera dibangun. Kami semua sangat kuatir kerusakannya makin melebar,” ujar Taska.

Jalan Kabupaten Desa Jabranti Rusak Parah, Kerap Terjadi Kecelakaan 5
Sebuah mobil pick up belum lama ini mengangkut belasan pelajar SD tergelincir di jalan berbatu Desa Jabranti, Kecamatan Karang Kencana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (dok)

Potensi Desa Jabranti selain menjadi desa sumber mata air, pertanian dan dikelilingi kawasan hutan jati maupun hutan produksi. Desa Jabranti juga banyak di kunjungi pelancong dari berbagai daerah untuk menikmati kawasan hutan, pegunungan dan kabarnya situs batunaga di lingkungan dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kabupaten Kuningan. (sam/ras/r/as)

Kabar Terbaru